Siang klinik Komisariat Jakarta Pusat

Diawal bulan November ini, Pogi Jaya mengadakan Siang Klinik dengan Komisariat wilayah Jakarta Pusat pada tanggal 10 november 2018, ini juga merupakan kali pertama bagi komisariat wilayah Jakarta Pusat. Tema Siang Klinik kali ini adalah “Mengatasi Infeksi Vagina dengan Aman dan Pasti”. Acara dihadiri oleh Komisariat wilayah Jakarta Pusat dr. Dwirani Amelia, SpOG, Ketua Pogi Jaya Dr.dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, para pembicara yaitu dr. Batara Sirait, SpOG (K) dan Dr. dr. junita Indarti, SpOG (K), serta para rekan sejawat lainnya dan juga PT. Exeltis selaku mitra siang klinik kali ini.

IMG_3235Acara dibuka oleh dr. Nyoman Bagus Donny, SpOG selaku sekretaris komisariat jakarta timur dan juga sebagai pembawa acara pada siang hari itu. Kemudian dilanjutkan kata sambutan dari ketua komisariat wilayah Jakarta Pusat, yang menyampaikan harapannya bahwa dimulai dari kesempatan pertama komisariat wilayah Jakarta Pusat ini di masa mendatang dapat dilanjutkan dengan acara berkumpul bersama secara kekeluargaan. dr. Dwirani juga menghimbau kepada para rekan sejawat yang hadir akan pemutakhiran data anggota dengan mencoba mengirimkan surat ke beberapa rumah sakit yang nantinya akan diisi oleh para anggota. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh ketua Pogi Jaya, yang menyampaikan bahwa pertemuan komisariat seperti ini merupakan cara paliing efektif untuk berkomunikasi dan berbagi pengalaman diantara sesama anggota di masing-masing komisariat setempat.

Dr.dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, menyampaikan juga beberapa hal lainnya seperti adanya applikasi JAKPROS (Jakarta Reproduksi Sehat) yang akan di launching pada bulan Desember 2017, beliau menempatkan tiga keunggulan program ini, yaitu sebagai asuhan kehamilan dan persalinan sehat, cegah kanker serviks dan sadari kesehatan reproduksi dan kontrasepsi. Program ini juga sudah berkoordinasi dengan pemprov DK dan teman-teman sejawat di RSUK sebagai ujung tombaknya. Beliau gambaran applikasi JAKPROS yang sudah selesai dan akan segera diuji coba. Kedua, beliau menyampaikan adanya rencana Gathering Pogi Jaya yang akan dilakukan di awal tahun 2018, bertempat di Sentul-Bogor. Selanjutnya yang Ketiga, sebagai update bagi para rekan sejawat, Pogi Jaya bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan BPJS sedang mengevaluasi tindakan sectio caesarea dengan melihat PPK pada rumah sakit tipe C dan B karena laju kenaikannya di DKI sebesar 80% dan tipe A sebesar 60%, ini sebagai bahan evaluasi untuk melihat lebih detail PPK dan SC yang indikasi-indikasinya dari yang ringan sampai berat. Disampaikan juga adanya 1 kasus kegiatan profesi, yaitu seorang dokter spesialis andrologi yang berpraktek sebagai seorang spesialis obgin. Sekarang kasus ini sudah dilaporkan ke PB Pogi, IDI dan PERSANDI. Terakhir, para rekan sejawat diingatkan akan adanya kongres KOGI 2018 di Semarang dan akan dilakukan pemilihan ketua PB Terpilih, Ketua Dewan Pertimbangan dan Ketua Kolegium.

Diskusi dilanjutkan oleh dr. Batara Sirait, SpOG (K) mengenai “Peran Dokter dalam Mencegah Sengketa Medik”. Beliau berpendapat bahwa awareness pasien sudah semakin tinggi di era keterbukaan sekarang ini, sehingga diharapkan rekan sejawat bisa lebih kritis dan skeptis akan perkembangan jaman telemedicine, dikarenakan harus melihat suatu kasus secara objektif tidak secara subjektif. Menurut dr. Barata, ada tiga masalah yang dominan, antara lain; masalah komunikasi yaitu komunikasi yang tidak baik dengan pasien atau rekan sejawat, kemudian masalah keterlambatan penanganan pasien dan saat meneruskan kesalahan kesejawatan yang lain. Terakhir, yang disampaikan beliau yaitu beberapa hal untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut yang harus dilakukan adalah, komunikasi yang baik dengan pasien & keluarganya, pendekatan humanist, sampaikan proses kemungkinan hasil tanpa menjamin sesuatu yang bisa menjadi masalah kedepannya dan membuat rekam medis dengan penulisan yang baik dan lengkap.

Pada sesi terakhir dalam siang klinik kali ini, dilanjutkan dengan sesi ilmiah dari Dr. dr. Junita Indarti, SpOG (K). Materi yang disampaikan adalah tentang “Mengatasi Infeksi Vagina dengan Aman dan Pasti”. Pembahasan kali ini disertakan juga tentang pembahasan produk profil dan juga uji klinisnya salah satu produk dari PT. Exeltis. [AW]

 

  • Comments
Leave a Reply

Leave a Reply

Reply to:

Skip to toolbar