Siang Klinik Komisariat Jakarta Barat

Di awal tahun 2018, Komisariat Pogi Jaya wilayah Jakarta Barat menjadi tuan rumah Siang Klinik pada hari Jumat, 9 Februari 2018 yang bertempat di Hotel Ciputra.

Acara dibuka oleh dr. Riyan Hari Kurniawan, SpOG sebagai pembawa acara Siang Klinik kali ini. Di lanjutkan oleh sambutan dari Ketua Komisariat wilayah Jakarta Barat, Dr. dr. Agus Supriyadi, SpOG (K). Beliau berterima kasih karena di beri kesempatan untuk mengawali tahun 2018 ini siang klinik diadakan di wilayah Jakarta barat dan mengharapkan kedepannya dapat mengadakan acara selain siang klinik, seperti yang sebelumnya pernah dilakukan yaitu berolah raga pagi bersama, mungkin acara lainnya bisa denggan mengadakan gathering atau sekedar berkumpul bersama.

_MG_3710Setelah sambutan dari Ketua Komisariat wilayah Jakarta Barat, dilanjutkan sambutan dari dr. Okky Sofyan, SpOG selaku Sekretaris dari Pogi Jaya. Dalam sambutannya, beliau prihatin akan kehadiran rekan sejawat yang semakin menipis di saat siang klinik berlangsung, tidak hanya di wilayah jakarta barat saja tetapi hampir di semua komsariat lainnya. Menanggapi usulan dr. Agus, dr. Okky juga setuju akan adanya acara gathering karena acara tersebut adalah cara yang terbaik untuk menjalin kebersamaan. Sesuai dengan empat pilar Pogi Jaya; Kesejawatan, Pengayoman, Advokasi dan Peningkatan Pengetahuan, dengan adanya pilar tersebut kedepannya akan lebih baik lagi. Dalam kesempatan tersebut, dr. Okky juga mengingatkan akan iuran keanggotaan Pogi Jaya yang saat ini sudah melalui kartu kredit secara auto debit, adanya cara baru ini anggota diharapkan tetap memperhatikan tagihan kartu kredit tersebut. Diakhir sambutan, beliau mengingatkan juga akan kepengurusan Pogi Jaya dan PB Pogi yang pada bulan juni akan diadakan pemilihan kepengurusan baru. Pogi bertekad akan mengembalikan ketua PB Pogi ke Jakarta, agar dapat berkoordinasi dengan lebih mudah. Tidak lupa dr. Okky mengajak para rekan sejawat yang datang untuk mendoakan para sejawat yang telah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu, yaitu untuk Prof. Dr. dr. Biran Affandi, SpOG (K) (Alm), dr. Suherlan, SpOG (Alm), dan dr. Aulianti (Almh) istri dari dr. Indra N.C Anwar, SpOG.

Sesi berikutnya dilanjutkan oleh dr. Batara Sirait, SpOG (K), membahas “Peran Dokter dalam Mencegah Sengketa Medik”. Mungkin sesi ini terbilang sering ada di acara siang klinik sebelumnya, itu karena dr. Batara selalu mengingatkan para rekan sejawat, bagaimana berperan sebagai dokter yang baik, yang tidak menjadi sumber masalah tetapi bisa menjadi solusi. Saran beliau untuk para rekan sejawat, jika ada masalah jangan lari dari masalah itu. Hadapi, selesaikan dengan baik dan secepat mungkin. Sesi berikutnya adalah sesi ilmiah, yang disampaikan oleh Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH dengan judul “Desogestrel: Progestin Only Contraception After Delivery”, sesi ini berbicara tentang kontrasepsi yang berbasis tanpa estrogen. Tjuan utamanya adalah untuk menghilangkan efek samping estrogen termasuk menghambat produksi ASI dan sama efektifnya dalam menekan ovulasi.

Setelah semua materi telah disampaikan oleh para pembicara, dilanjutkan dengan diskusi bersama dan acara diakhiri dengan foto bersama. [AW]

  • Comments
Leave a Reply

Leave a Reply

Reply to:

Skip to toolbar