Sarasehan Ilmiah POGI Jaya III : Obgyn Case Files

Jakarta – Sarasehan Ilmiah kembali di adakan oleh POGI Jaya. Sarasehan yang telah di adakan untuk ketiga kalinya ini dilaksanakan selama dua hari, hari ini, minggu 2 Nopember 2014 sampai senin 3 Nopember 2014, b3ertempatkan di hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta. Dan pada sarasehan kali ini mengangkat tema Obgyn Case Files, yaitu seputar kasus-kasus di dunia Obgin yang pernah di alami langsung oleh para dokter obgin itu sendiri.

Acara di mulai sejak pukul 8 pagi, para peserta mulai tampak ramai di meja registrasi. Pada jam 08.30, acara pun di buka oleh sambutan dari Ketua Panitia acara, dr. Boy Abidin, SpOG (K). Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada para rekan sejahwat yang telah hadir pada acara kali ini. “Salah satu tujuan acara ini adalah silaturahmi dan berbagi ilmu serta pengalamannya kepada sesama rekan sejahwat..” ungkap dr. Boy kepada sekitar 200 peserta acara yang terdaftar.

“Dan saya berharap, para rekan sejahwat akan mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan tentang kasus-kasus obgin yang nantinya akan sangat membantu saat bekerja.” Lanjut beliau. Dr. Boy pun tidak lupa mengucapkan terima kasihnya kepada para staff POGI Jaya yang telah bekerja mempersiapkan kegiatan ini hingga dapat terlaksana dengan lancar.

Giliran Sekretaris POGI Jaya, dr. Budi Wiweko, SpOG (K) memberikan kata sambutannya mewakili Ketua POGI Jaya, dr. Frizar yang sedang berhalangan hadir. Pertama-tama beliau mengucapkan terima kasih kepada rekan sejahwat yang telah hadir pada kegiatan Sarasehan yang ketiga hari ini. Sarasehan kali ini formatnya akan berbeda dari Sarasehan sebelumnya. “Kita akan membuatnya seperti Indonesia Lawyer Club” lanjut dr. Iko.

“Dan nantinya kasus-kasus yang akan di diskusikan hari ini akan di buat menjadi sebuah buku.” Kata beliau. Terakhir, beliau juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsor yang telah mendukung diadakannya kegiatan ini.

Setelah pembukaan kata sambutan oleh dr. Boy dan dr. Budi Wiweko, acara memasuki sesi 1A yaitu Uroginekologi, dan moderatornya adalah dr. Okky Sofyan, SpOG. Sebelum memulai Case pertama, dr. Okky mengajak para hadirin berdoa bersama untuk kesembuhan salah satu rekan sejahwat yang habis melakukan operasi. Setelah itu, dr. Okky mempersilahkan pembicara kasus pertama, dr. Shirley Anggraeni, SpOG (K) untuk memulai presentasi study kasusnya yang topiknya adalah “Kasus Inkontinensia Fecal pada Ruptur Perininum total, Kasus Fistula, dan kasus Prolaps Organ Panggul.”.
Setelah presentasi selesai, moderator mempersilahkan dengar pendapat ahli sesi Uroginekologi, dr. Surahman Hakim, SpOG (K) untuk memberikan pendapatnya. Dilanjutkan sesi diskusi tanya jawab seputar kasus-kasus yang telah di presentasikan sebelumnya.

Pukul 09.45, acara dilanjutkan sesi Kuliah Utama dengan topic: “Manajemen nyeri di bidang obstetri” oleh dr. Danar P. dan “Manajemen nyeri di bidang Ginekologi” oleh dr. Budi Wiweko.

Pada Sesi 1 B : Ginekologi Spesialistik, di moderatori oleh dr. Nina Martini Somad, SpOG. Kasus pertama adalah “Lesi Pra Kanker” dengan pembicaranya adalah Prof. Dr. Endy M. Moegni, SpOG (K) dan kasus kedua adalah “Kasus Ginekologi Estetika” oleh dr. Ni komang Yeni, SpOG. Kemudian dengar pendapat ahli Sesi Ginekologi Spesialistik oleh Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) yang dilanjutkan sesi diskusi tanya jawab.

Tepat pukul 11.45 acara di istirahatkan sejenak untuk melakukan ISOMA hingga pukul 13.00. Namun sebelumnya, MC mengumumkan dan memberikan hadiah kepada pemenang “Peserta teraktif” pada sesi diskusi sebelumnya.

Setelah rehat ISOMA, acara memasuki Sesi 1C : Fetomaternal yang di moderatori oleh dr. Rima Irwinda dengan topic : “Kasus PEB + Kasus Preterm“ oleh dr. Yuyun Lisnawati, SpOG (K) dan “Kebutuhan Makro dan Mikro Nutrien selama Masa Kehamilan” oleh Dr.dr. Ali Sungkar, SpOG (K). Dilanjutkan diskusi.

Pukul 14.00 berlanjutkan sesi 1 D: Onkologi, sesi terakhir pada Sarasehan hari pertama. Dan yang menjadi moderator pada sesi terakhir ini adalah dr. Dewi Prabarini, SpOG. Topik yang dibahas adalah “Kasus Ovarium + Kasus Serviks + Kasus PTG (Diagnosis & Penatalaksanaan) oleh dr. T. Indang Dewi, SpOG (K), Dr.dr. Laila Nuranna dan Prof.Dr.dr. Andrijono, SpOG (K) sebagai ahli dari sesi Onkologi.

Semua moderator dan pembicara pada acara ini pun mendapatkan sertifikat yang diberikan disetiap akhir sesinya masing-masing.

Dan penutup acara pada hari ini adalah Workshop tentang “Tehnik SC pada Placenta Akreta” oleh Dr.dr. Gatot Purwoto. Dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Kemudian acara pun ditutup oleh MC. Sampai jumpa lagi besok senin.

This slideshow requires JavaScript.

  • Comments
Leave a Reply

Leave a Reply

Reply to:

Skip to toolbar