Rapat dengan IRSJAM

Rapat dengan IRSJAM

Siang hari ini, 25 Maret 2013, POGI JAYA mengadakan pertemuan dengan Ikatan Rumah Sakit Jakarta Metropolitan atau IRSJAM di Kantor Pusat PERSI & IRSJAM, Sentra Bisnis Jalan Boulevard Artha Gading. Pertemuan yang dihadiri dr. Frizar & dr. Botefilia dari POGI JAYA dan dari IRSJAM diwakilkan oleh dr. Sri Rahmani dan dr. Eko

 

 

IRSJAM adalah asosiasi yang membawahi rumah sakit yang berada di Jakarta. IRSJAM sendiri merupakan cikal bakal dari PERSI yaitu Persatuan Rumah Sakit Indonesia. “IRSJAM itu sebenarnya lebih dulu dibentuk. Lalu kemudian PERSI dibentuk untuk skala nasionalnya.” Dr. Sri Rahmani menjelaskan. “dan bisa dilihat ketua IRSJAM itu lebih banyak dari ketua PERSI.. “ canda dr. Sri melanjutkan dalam wawancaranya.

 

Acara di awali dengan obrolan-obrolan santai, kemudian rapat pun dimulai dengan salam pembuka dari dr. Sri Rahmani dan dr. Frizar yang mewakili POGI JAYA mulai mengutarakan tujuannya datang ke kantor pusat PERSI & IRSJAM.

 

Dalam wawancara singkat dengan dr. Frizar, ada 3 hal yang ingin dibicarakan dengan IRSJAM. Yaitu:

  1. Tentang kontrak kerja dokter.
  2. Etika. Seperti misalnya banyak bidan-bidan yang membawa pasien (rujuk) ke RS tertentu dengan sistem paket lahiran dan tim marketing rumah sakit yang memasarkan secara tidak sesuai peraturan.
  3. Masih adanya rumah sakit – rumah sakit tertentu yang mempekerjakan dokter yang bukan ahlinya. Padahal itu melanggar hukum dan bisa dipidanakan. Lalu persoalan dokter yang praktek over kuota.

 

Ketua IRSJAM - Dr. Sri Rahmani

Ketua IRSJAM – Dr. Sri Rahmani

Dokter Sri Rahmani sebagai Ketua dari IRSJAM pun mengawali diskusi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah disampaikan oleh dr. Frizar sebelumnya. Banyak hal disampaikan oleh dr. Sri Rahmani. Dalam pembahasan pun banyak persamaan pendapat yang memang sesuai dengan tujuan utama dari POGI JAYA sendiri. “Tujuan POGI JAYA bertemu dengan IRSJAM ingin menyamakan persepsi” dr. Botefilia menjelaskan. Apabila nanti ada masalah antara dokter dengan rumah sakit seperti sebelumnya.

 

Setelah kurang lebih 2 jam, pertemuan hari ini pun berakhir dengan pemahaman dan pemikiran yang sama antara POGI JAYA dan IRSJAM.