Jakarta – Hari ini, minggu 23 Juni 2013, POGI Jaya mengadakan Malam Klinik terakhir sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Kegiatan Malam Klinik malam hari ini dibuka oleh dr. Nina Martini Somad, SpOG, selaku Ketua Panitia dan juga Ketua Komisariat Wilayah Bekasi. Acara dimulai tepat pukul 19.00.

 

DSC_9774

Setelah sambutan dari Ketua Panitia, giliran Ketua POGI Jaya, dr. Frizar Irmansyah, SpOG (K) dipersilahkan memberikan sambutan. Namun dikarenakan beliau sedang berhalangan untuk hadir, dr. Budi Wiweko selaku sekretaris menggantikan tugas dr. Frizar untuk memberikan sambutan pada malam hari ini. Dalam sambutannya, dr. Budi kembali mengingatkan hal-hal seperti pembinaan anggota, regulasi praktek lintas batas, dll.

DSC_9791Beliau juga menjelaskan sedikit tentang aplikasi LOGBOOK P2KB berbasis android yang baru saja diluncurkan. Logbook ini dibuat khusus bagi para anggota POGI Jaya untuk memudahkan penginputan data P2KB. “Aplikasi ini bisa di download melalui website pogijaya.or.id” terang dr. Iko, panggilan akrabnya.

DSC_9801

Setelah sambutan dari dr. Budi, acara memasuki acara organisasi. Pada malam hari ini, tema acara organisasinya adalah “Peran dan Pengembangan Program Advokasi dan Pengayoman Anggota POGI Jaya (PAPA)”. Presentasi dilakukan langsung oleh Ketua PAPA, yaitu dr. Ari Kusuma Januarto, SpOG.

dalam presentasinya, dr. Ari menjelaskan beberapa point penting dalam PAPA. Yaitu:

1. Upaya organisasi dengan dukungan anggotanya, untuk melakukan advokasi dan pengayoman untuk anggota yang sedang mendapat masalah medikolegal.

2. Program advokasi dan pengayoman anggota bukan suatu asuransi profesi. Bersifat non profit.

3. Organisasi selalu bersikap netral, tidak berpihak, dan berpegan pada sikap profesional unutk melindungi kepentingan anggotanya.

“Kita tidak akan memihak, jadi jika memang pantas kita bela, akan kita bela.” lanjut dr. Ari dalam presentasinya.

DSC_9827

Setelah presentasi tentang peran dan pengembangan PAPA, ada informasi tambahan seputar KOPOGI yang dipresentasikan oleh Dr. dr. Laila Nuranna, SpOG(K). Beliau menjelaskan fungsi-fungsi dari KOPOGI. Seperti misalnya, untuk pengadaan produk farmasi dan alat kesehatan, kerjasama pengayoman profesi anggota POGI, Investasi kesehatan dan jaminan hari tua, simpan pinjam dengan tujuan antara lain untuk pendidikan dan riset, dll.

Setelah presentasi tentang KOPOGI oleh Dr.dr. Laila Nurrana, acara memasuki sesi diskusi tentang acara organisasi yang telah dipresentasikan sebelumnya.

DSC_9848

DSC_9865

Setelah sesi diskusi, acara pun dilanjutkan Acara Ilmiah dengan tema kali ini yaitu “Perkembangan Terkini Kontrasepsi Darurat” yang dipresentasikan oleh Dr. dr. Eka Rusdianto Gunardi, SpOG (K) yang dilanjutkan dengan sesi diskusi babak 2. Untuk moderator sesi diskusi kali ini adalah dr. Maryono.

DSC_9898Dan setelah sesi diskusi, acara sudah hampir sampai di penghujung. Namun sebelum acara diakhiri, ada pemberian sertifikat kepada para pembicara hari ini, yaitu dr. Ari Kusuma Januarto dan dr. Maryono

DSC_9918

Kemudian ada pembagian dua doorprize untuk para peserta yang hadir yang dipersembahkan oleh pihak sponsor Malam Klinik hari ini. Pengocokan nama dan pemberian doorprize kepada 2 peserta yang beruntung pun penjadi penutup Malam Klinik 23 Juni 2013 hari ini.