Di minggu pertama bulan Mei tahun ini, POGI Jaya kembali mengadakan kegiatan rutinnya, yaitu Malam Klinik. Acara yang diselenggarkan di hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara dimulai pukul 18.00 wib ini seperti biasa diawali oleh registrasi dan makan malam para anggota yang hadir. Memasuki pukul 7 malam, para tamu undangan mulai dipersilahkan untuk memasuki ruang tempat dilangsungkannya acara.

 

Malam Klinik

 

 

dr. Okky Sofyan

dr. Okky Sofyan

Acara dibuka dengan laporan acara oleh dr. Okky Sofyan, kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari dr. Frizar selaku ketua POGI Jaya. Setelah sambutan-sambutan singkat dari dr. Okky Sofyan dan dr. Frizar, acara segera dilanjutkan ke topik utama dalam acara Malam Klinik malam hari ini, yaitu “Tips penanganan Prolaps organ panggul”  oleh dr. Surahman Hakim, SpOG(K) selaku pembicara. Dalam presentasinya, dr. Surahman pun menjelaskan dan memberikan tips untuk menangani POP (Prolaps Organ Panggul) tersebut.

dr. Surahman Hakim, SpOG(K)

dr. Surahman Hakim, SpOG(K)

Prolaps Organ Panggul sendiri terjadi kepada 50% wanita yang melahirkan mulai dari tingkatan yang ringan sampai yang berat.  Prolaps Organ Panggul memang tidak mematikan, tetapi dapat menyebabkan cacat permanen dan menurunkan kualitas hidup penderita. Maka dari itu di perlukan penanganan segera kepada para penderita POP. Dan setelah presentasi dari dr. Surahman, diskusi pun dibuka sebentar dikarenakan waktu yang terbatas.

 

Pukul 20.00 WIB, acara dilanjutkan pada acara ilmiah dengan topik “Acute Pain Management in Female”. Sesi ini di moderasi oleh dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K). Dalam acara ilmiah pada Malam Klinik hari ini ada 2 pembicara yang akan melakukan presentasi.

Yang pertama adalah dr. Kanadi Sumapraja, SpOG(K), MSc. dengan materi “Acute Pain Cases in Female Daily Life”. Dan pembicara yang kedua adalah Dr. dr. Noroyono Wibowo, SpOG(K) dengan materi “The Power of Anuva (Diclofenac free acid) for Female Acute Pain Management”.

 Pembicara & Moderator

 

Setelah sesi diskusi tanya jawab tentang materi-materi yang telah di presentasikan tadi, acara dilanjutkan pada  penyerahan sertifikat oleh dr. Frizar sebagai Ketua POGI Jaya kepada rekan-rekan sejawat yang telah mengisi acara pada Malam Klinik hari ini. Diantaranya adalah dr. Andon Hestiantoro yang pada malam hari ini bertindak sebagai moderator, lalu Dr. dr. Noroyono Wibowo, SpOG(K), dr. Surahman Hakim, SpOG(K), dan dr. Kanadi Sumapraja, SpOG(K), MSc. sebagai pembicara pada malam hari ini.

Pemberian Sertifikat

Pemberian Sertifikat

 

Pengundian Doorprize

Pengundian Doorprize

 

Waktu menunjukkan pukul 21.30 WIB, acara Malam Klinik POGI Jaya pada malam hari ini pun berakhir. Namun sebelum acara ditutup, seperti pada Malam Klinik sebelumnya, diadakan pengundian Doorprize kepada rekan-rekan sejahwat yang beruntung.