Demo Penyuluhan Pencegahan Kanker

Demo Penyuluhan Pencegahan Kanker

Jakarta – Hari ini, 14 Mei 2013, Bulan Cegah Kanker Serviks (Bucekas) diluncurkan di Puskesmas Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.  Bulan Cegah Kanker Serviks adalah program kegiatan lanjutan dari program “Gerakan Perempuan Melawan Kanker Serviks” yang dicanangkan oleh Ibu H. Ani Yudhoyono pada 6 Oktober 2011 dan program “Bulan Cegah Kanker Serviks” pada Desember 2011 sampai Januari 2012. Kegiatan utama dari Bucekas adalah menyediakan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Infeksi Visual Asam Asetat) secara gratis yang dilaksanakan di Puskesmas-puskesmas di lima wilayah DKI Jakarta selama bulan Mei – Juni mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Veronika Basuki Tjahaja Purnama (Ketua YKI DKI Jakarta)

Veronika Basuki Tjahaja Purnama (Ketua YKI DKI Jakarta)

Program ini menargetkan 30.000 perempuan untuk disuluh, dan 9.000 perempuan untuk diperiksa. “Kanker Serviks merupakan salah satu masalah kesehatan perempuan yang perlu menjadi perhatian utama bagi kita semua, khususnya sebagai bentuk perlindungan kesehatan bagi para perempuan Indonesia.” Ucap Veronika Basuki Tjahaja Purnama, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI)  Prov. DKI Jakarta. “Program ini (Bucekas) merupakan langkah yang positif untuk menyadarkan kaum perempuan bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan.” Lanjut Ibu Veronika.

 

Dr. Laila Nuranna, SpOG(K)

Dr. Laila Nuranna, SpOG(K)

Dr. Laila Nuranna, SpOG(K), ketua Panitia Bucekas, menambahkan, “Pemeriksaan dini harus menjadi inisiatif perempuan sendiri dalam melindungi dirinya dari terkena kanker serviks.” . Lebih lanjut lagi beliau menjelaskan, “ Melalui program Bulan Cegah Kanker Serviks ini, kami ingin menunjukkan bahwa pencegahan kanker serviks juga dapat dilakukan di puskesmas. Pemeriksaannya menggunakan metode IVA yang terbukti baik, terjangkau, dan dapat dilakukan oleh dokter umum, bidan, bahkan perawat terlatih.”

Kanker Serviks merupakan salah satu kanker yang menjadi ancaman bagi perempuan di dunia. Di Indonesia, setiap 1 jam seorang perempuan meninggal akibat kanker serviks. Dan di Jakarta, setiap 3 hari 2 orang perempuan meninggal dunia karena kanker serviks ini. Lebih dari 70% perempuan memeriksakan dirinya saat sudah berada pada stadium lanjut, sehingga mengakibatkan kematian, karena kanker serviks tidak menimbulkan gejala. Semua perempuan beresiko terkena kanker serviks. Kanker Serviks sangat dapat dicegah. Pencegahan primer kanker serviks dilakukan dengan edukasi/sosialisasi seperti Bucekas ini, dan vaksinasi. Dan pencegahan sekunder dengan deteksi dini kanker serviks untuk mengetahui dan menangani kondisi pra kanker.

para tamu undangan

para tamu undangan

Bulan Cegah Kanker Serviks sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh berbagai institusi dan lembaga pemerintah. Salah satunya yang ikut turut serta adalah POGI Jaya yang kehadirannya di acara ini diwakili oleh dr. Budi Wiweko dan dr. Botefelia. Program ini selaras dengan program Kementerian Kesehatan yang menuju pada masyarakat sehat, mandiri dan berkeadilan dengan biaya yang sangat terjangkau bagi kebanyakan perempuan yang mengunjungi puskesmas.