DSC_1942

Dalam lanjutan penyenlenggaraan program kegiatan Bulan Cegah Kanker Serviks 2014 yang akan di mulai pada tanggal 1 April mendatang, POGI JAYA bersama Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengadakan seminar dengan tajuk “Seminar Penyegaran Pencegahan Kanker Serviks Dalam Rangka BUCEKAS”.

 

Seminar yang dilaksanakan sabtu pagi hari, 22 Maret 2014 ini mengudang dokter umum dan bidan yang bertugas di PUSKESMAS-PUSKESMAS di wilayah Provinsi DKI Jakarta sebagai peserta seminar. Pada seminar hari ini yang bertempat di Prodia Tower, jl. Kramat Raya ini juga mengundang dr. Frizar sebagai Ketua POGI JAYA untuk memberikan sambutan pembuka, kemudian ada dr. Unedo Hence  Markus, SpOG, dr. Tofan Widya Utami, dan dr. Puji Lestari Handayani (KaSie PMPTM DinKes Provinsi DKI Jakarta) sebagai pembicara dan dr. Ekarini Aryasatiani, SpOG (K) sebagai moderator pada seminar kali ini.

DSC_1880

dr. Frizar membuka seminar

dr. Unedo saat presentasi

dr. Unedo saat presentasi

Setelah kata sambutan pembuka oleh Ketua POGI JAYA, dr. Frizar Irmansyah, SpOG, acara langsung dilanjutkan oleh pembicara pertama yaitu dr. Unedo Hence Markus, SpOG. dengan topik “Kanker Serviks dan Perjalanan Penyakitnya”. Beliau menjelaskan segala hal tentang Kanker Serviks mulai dari Etiologi HPV, Penanganan Kanker Serviks, waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan (Deteksi Dini), hingga rekomendasi Vaksinasi HPV di Indonesia. Saat presentasi pun diselingi oleh interaksi canda tawa bersama para peserta seminar.

 

dr. Puji

dr. Puji

Lalu untuk pembicara kedua dengan topik “Tindak Lanjut Temuan IVA Positif dan Sistem Rujukannya Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN)”, di presentasikan oleh dr. Puji Lestari Handayani yang menjabat sebagai KaSie PMPTM Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Pada presentasinya ini beliau memberikan segala data-data tentang Kanker Serviks baik di Indonesia maupun di dunia. Beliau juga menjelaskan tentang sistem jaminan sosial BPJS, seperti pelayanan kesehatan apa yang dijamin, pelayanan kesehatan yang tidak dijamin, sistem rujukan, hingga Pengelolaan Penyakit Kronis.

 

Selesai presentasi oleh dr. Puji, dilanjutkan oleh pembicara ketiga, dr. Tofan Widya Utami yang mengangkat topik tentang “Pencegahan Kanker Serviks”. Dalam presentasinya beliau membeberkan apa saja penyebab kanker serviks, perjalanan penyakit kanker serviks, dan juga Pencegahan kanker serviks yang ideal.

 

dr. Tofan Widya

dr. Tofan Widya

Dan kemudian sebagai penutup presentasi, beliau memberikan Take Home Messages kepada para dokter dan bidan yang hadir dalam seminar.

 

  • Kanker Serviks merupakan penyakit terkait HPV yang memberikan beban terbesar terutama di negara berkembang dikarenakan multifactor, terutama cakupan skrining yang masih rendah.
  • Penyebab kanker serviks adalah HPV Onkogenik: 151 tipe (16, 18, 45, 31, 33, 52, 58, 35, 59, 56, 51, 39, 68, 73, 82), HPV tipe 16 dan 18 penyebab utama kanker serviks (70.7%) – Sangat bisa dicegah.
  • Infeksi HPV bersifat lokal, tidak ada viremia.
  • Vaksinasi di ikuti dengan skrining, terutama co-testing merupakan perlindungan terbaik untuk mencegah kanker serviks.

 

Setelah ketiga pembicara selesai presentasi, sesi tanya jawab pun dibuka dan sebagai penutup seminar hari ini, diadakan pembagian doorprizes dan kuis dengan hadiah gimmicks dari pihak sponsor untuk para peserta yang bisa menjawab soal dari MC dan pembicara.

DSC_1995

Sesi Diskusi Tanya Jawab

 

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Sesi Diskusi Tanya Jawab

Pembagian DoorPrizes

Pembagian DoorPrizes

Kuis

Kuis