Cuaca mendung tidak menyurutkan antusiasme para tamu undangan rekan sejahwat untuk tetap menghadiri acara SIANG KLINIK yang diselenggarakan oleh POGI JAYA bersama RSIA YPK Mandiri pada pagi hari ini, minggu 23 Maret 2014 yang bertempat di Graha Mandiri, Jl. Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Acara dibuka oleh sambutan ketua panitia acara, dr. Fernandi Moegni, SpOG (K), dilanjutkan oleh sambutan dari ketua POGI JAYA, dr. Frizar Irmansyah, SpOG (K), dan sambutan terakhir oleh Direktur RSIA YPK Mandiri, Prof. Dr. Endy Moegni, SpOG (K) dan diikuti acara potong pita peresmian pembukaan Klinik Uroginekologi YPK oleh Prof. Dr. Endy Moegni, SpOG (K).

Siang Klinik yang mengangkat tema “Menyambut Era Kualitas Hidup Perempuan” ini, memasuki sesi ilmiah yang di moderasi oleh Dr. Med. M. J. Josoprawiro, SpOG (K). 

 

Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG (K)

Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG (K)

Untuk pembicara pertama adalah Ketua MKDKI, Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG (K) dengan topik presentasinya tentang “Etika & Profesionalisme dalam Kesejawatan”. Beberapa point yang dibahas dalam topik pembicaraan oleh beliau, sebagai berikut:

 

  • Lembaga yang berwenang menentukan ada tidaknya kesalahan yang dilakukan dalam penerapan disiplin dan penetapan sanksi.
  • Tidak ada istilah Malpraktek dalam kedokteran. Tetapi Pelanggaran disiplin (Serious Professsional Misconduct)
  • Professional Misconduct, kegagalan memenuhi standar/pedoman perilaku profesional
  • SOP, Standar Profesi, Standar Pelayanan

 

Dan diakhir presentasi, kesimpulan tentang permasalahan yang paling banyak diadukan adalah komunikasi, “Seperti tidak jelas dalam menjelaskan apa yang dialami pasien..” terang Prof. Ali. Lalu ada kompetensi, penelantaran dan tentang pembiayaan.

 

Memasuki pembicara sesi ilmiah kedua adalah dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K) dengan topik “Terapi Endometriosis Terkini”. Dalam penjelasan dr. Andon, Endometriosis merupakan penyakit yang bergantung pada estrogen. “Perlu diperhatikan produksi estrogen intralesi akibat enzim aromatase.” Terang dr. Andon. Beliau juga menjelaskan manfaat dari terapi Dienogest yang saat ini merupakan pilihan terapi yang tepat.

Setelah kedua pembicara selesai melakukan presentasi, acara berlanjut ke sesi diskusi dan penyerahan sertifikat. Dalam diskusi kali ini terjadi diskusi yang sangat menarik antara Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG (K) dengan dr. Frizar Irmansyah, SpOG (K) yang membahas tentang materi yang telah dibahas oleh Prof. Ali pada saat presentasi sebelumnya.

Setelah penyerahan sertifikat kepada Prof. Dr. Med. Ali Baziad, SpOG (K) dan dr. Andon Hestiantoro, SpOG (K), acara berlanjut lagi ke sesi ilmiah dengan pembicara Dr. dr. Budi Iman Santoso, SpOG (K) dengan materi tentang “Urodinamik: Kapan dan Mengapa diperlukan?” Lalu pembicara selanjutnya, dr. Fernandi Moegni,SpOG (K) yang mempresentasikan tentang Layanan Uroginekologi di RSIA YPK, dan untuk pembicara terakhir Siang Klinik hari ini adalah dr. Moh. Syah Nadir Chan, SpOG (K) dengan topik “Skrining Uroginekologi dalam Praktek Sehari-hari.”

Acara dilanjutkan sesi diskusi kedua sebelum akhirnya pembagian doorprizes kepada tamu undangan yang beruntung sebagai penutup acara Sang Klinik hari ini.