JAKARTA – Ratusan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Pogi Indonesia pagi ini melakukan aksi damai di Tugu Proklamasi, Jakarta, (27/11/2013). Ada dua tuntutan yang perjuangkan, menolak kriminalisasi dokter dan membebaskan dr. Ayu SpOG serta dr Hendi SpOG.

demo1Tepat pukul 07.00 WIB kesatuan dokter ini sudah berkumpul di tugu proklamasi. Bertururt-turut perwakilan dokter dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah menyampaikan aspirasi dan tuntutannya.Perwakilan dokter dari Solo misalnya,menuntut dokktet Ayu dan dokter Hendi untuk dibebaskan. Kedua dokter ini telah melakukan tugas mulia terhadap pasiennya, namun kehendak Tuhan berkata lain.
“Tidak ada yang bisa mengatur nyawa seseorang. Dokter sudah melakukan tugas mulianya, namun Tuhan berkehendak lain,” ujar seorang dokter berorasi.

Aksi ini akan berlangsung sampai petang nanti. Usai melakukan orasi dan pembekalan jalannya demo, ratusan dokter ini bergerak menuju bundaran HI, Jakarta. Para dokter ini menggunakan angkutan bus kota sebagai bentuk keprihatinan sesama.
Kriminalisasi terhadap dokter ini mendapat perhatian dari berbagai media massa daerah dan nasional. Maka tak heran jika aksi kali ini juga mendapat sorotan media. Nampak sejumlah awak media televisi nasional melakukan liputan langsung. (DI)